Home » , , » Taman Margasatwa Semarang

Taman Margasatwa Semarang

Written By Harian Semarang on Kamis, 03 November 2011 | 09.39

BOSAN dengan tempat wisata yang itu-itu saja? Mengapa tak berkunjung ke Taman Margasatwa Semarang yang ada di ujung barat kota Semarang. Tempat yang juga biasa disebut Bonbin Mangkang ini mungkin belum banyak diketahui orang. Dengan datang ke sana, ada banyak jenis binatang yang bisa disaksikan. Selain itu ada juga berbagai fasilitas permainan yang bisa dinikmati.

Kebun binatang ini terletak di perbatasan Semarang-Kendal. Tempat yang dibuka pada Februari 2007 ini dibangun untuk menggantikan kebun binatang Tinjomoyo Semarang yang dianggap sudah tak representative lagi. Dengan lokasi baru ini diharapkan jumlah pengunjung dapat semakin bertambah karena aksesnya lebih mudah dicapai dengan kendaraan umum. Sebab Bonbin ini terletak di pinggir jalan. Kebun Binatang ini, sekarang sudah memiliki sekitar 150 ekor hewan yang terdiri dari 40 jenis spesies. Ada Ular, Rusa, Gajah, Orangutan, Harimau.

Pengelola kebun binatang dalam waktu dekat juga akan menambah koleksi hewan. Seperti 1 Harimau Benggala dan sepasang Singa yang didatangkan dari Kebun Binatang Seruling Mas Banjarnegara. Kepala Bonbin Mangkang Kusyanto, mengatakan semua hewan itu ditempatkan di areal seluas 9 hektar. “Ada yang ditempatkan di kandang, ada juga yang di ruang terbuka sesuai habitatnya,” katanya.

Cukup dengan tiket masuk Rp 1500,- pada hari biasa dan Rp 3000,- di hari libur, kita sekeluarga dapat menikmati keanekaragaman jenis satwa sebagai wujud kekayaan sang pencipta. Pengunjung juga bisa berfoto bersama Ular dan Burung. Atau menikmati sensasi naik Gajah cukup dengan mebayar Rp 5000,-. “Ada juga fasilitas lain seperti Outbound Kids, Kereta Mini yang akan membawa pengunjung berkeliling Bonbin, juga Becak Air yang bisa dikendarai di tengah danau,” ujarnya.

Bila lelah berkeliling melihat koleksi binatang, anak-anak juga bisa mencoba fasilitas Flying Fox, Jaring Laba-Laba, dan lain sebagainya. Bonbin Mangkang paling ramai dikunjungi pada hari Minggu atau hari libur. Pada akhir pekan, jumlah pengunjung bisa mencapai 1000 orang per hari. Sedangkan hari biasa sebanyak 100 orang per hari. “ Sebagian besar pengunjung adalah rombongan anak sekolah, 50 persen berasal dari Semarang sisanya dari luar kota”, terangnya. Dalam waktu dekat, pengelola Kebun Binatang tersebut akan menambah jumlah pohon peneduh, memperbanyak Shelter dan memperluas lahan parkir agar pengunjung semakin nyaman.
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Info - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger